EVALUASI LAYANAN PROGRAM BIMBINGAN KEDISIPLINAN PENERIMA MANFAAT DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK

Qori Ekaningtias* -  Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Indonesia
Nur Muhlashin -  Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Indonesia
Panti Pelayanan Sosial Anak Pamardi Utomo Boyolali memiliki program bimbingan kedisiplinan sebagai upaya pendisiplinan PM (penerima manfaat), namun kenyataanya hasil dari bimbingan kedisiplinan masih didapati beberapa PM yang kurang disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program layanan bimbingan kedisiplinan penerima manfaat di Panti Pelayanan Sosial Anak. Metode penelitian menggunakan evaluasi CIPP (context, input, process, products). Hasil penelitian menunjukan bahwa pada evaluasi context, tentang kejelasan tujuan program bimbingan kedisiplinan perlu dirumuskan dengan baik. Evaluasi input menujukan ada beberapa staff yang belum sesuai dengan spesifikasi pendidikan yang dibutuhkan. Evaluasi Process menunjukan proses bimbingan yang diberikan akan terstruktur dengan baik apabila program bimbingan kedisiplinan memiliki kurikulum atau silabi sebagai pedoman pelaksanaan program. Evaluasi product terkait dengan output bimbingan kedisiplinan perlu dikembangkan dan diberikan inovasi agar hasil yang dicapai dapat maksimal. Penelitian ini berkontribusi dalam perbaikan pelaksnaan program bimbingan kedisiplinan di Panti Pelayanan Sosial Anak.
Keywords
Bimbingan; Kedisiplinan
  1. Ariesandi. (2008). Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses Bahagia, Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak. Jakarta: PT gramedia Pustaka Utama.
  2. Charles, S. (1980). Cara Efektif Mendidikdan Mendisiplin Anak. Jakarta: Mitra Utama.
  3. Farid, M. (2018). Evaluasi dan supervisi bimbingan konseling. Yogyakarta: Diva Press.
  4. Handoko. (2012). Manajement Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
  5. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, fan Kombinasi). Bandung: Alfabeta.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-04-30
Published: 2020-04-30
Section: Articles
Article Statistics: 39 21