MAHASISWA DAN KEPUTUSAN MEMILIH JURUSAN (ANALISIS KUANTITATIF PADA MAHASISWA KPI IAIN SURAKARTA TAHUN 2017/2018) | Sriyanto | al-Balagh : Jurnal Dakwah dan Komunikasi

MAHASISWA DAN KEPUTUSAN MEMILIH JURUSAN (ANALISIS KUANTITATIF PADA MAHASISWA KPI IAIN SURAKARTA TAHUN 2017/2018)

Agus Sriyanto(1*)
(1) IAIN Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.22515/balagh.v3i2.1386

Abstract

Students certainly have a number of separate considerations in choosing a college and its majors to be taken. Including the variety of factors that influence the decision to choose. For this reason, a survey is needed on what factors influence students in choosing a department in college. The research was conducted at the Islamic of Communication and Broadcasting Department (KPI) of the Theology and Da'wah Faculty of IAIN Surakarta in 2017/2018. Based on the results of the initial FGD, the desire to enter KPI was because of the motivation, promotion and encouragement of parents, and the influence of friends. With quantitative descriptive method, this study uses respondents as well as a sample of 158 students. Data collection is done by distributing questionnaires, library studies, and interviews to complete the data. Data analysis was carried out through validity and reliability, homogeneity, normality, linearity, and ended with multiple regression tests.

Keywords


decisions; factors; students

References


Dewa Ayu Juli Artini, I Ketut Kirya, I Wayan Suwendra, 2014, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) Sebagai Tempat Kuliah, e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 2 Tahun 2014)

Latifa Faristin Arrum, 2013, Efektivitas Iklan Perguran Tinggu Dalam Meningkatkan Brand Awareness Pada Siswa Kelas 3 Di SMA Negeri 1 Bae Kudus, Semarang : Jurusan Psikologi FIP Univ Negeri Semarang

Tim, 2017, Borang Akreditasi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta Tahun 2017 (Tidak diterbitkan)

Kotler, Philip. 2000. Marketing. Penerjemah : Herujati Purwoko, Jilid 1, Cetakan Ketiga, Jakarta : Erlangga.

Kotler, dan Gary, Armstrong. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran. Diterjemahkan oleh Alexander Sindoro, Jilid 1 Edisi Kesembilan. Jakarta : PT. Indeks

Kotler, Philip., Keller, 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas, Jilid 2, Alih bahasa oleh Benyamin Molan. Jakarta : PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Lamb, 2001. Pemasaran. Alih Bahasa David Octarevia, Jilid 2 Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek, Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat

Martini, 2013, Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Jurusan Akuntansi Sebagai Tempat Kuliah Di Perguruan Tinggi, FE Universitas Budi Luhur Jakarta

Mardiah, 2001, Analisis Faktor-Faktor Yang enentukan Pilihan Mahasiswa Dalam Menempuh Pendidikan Program Pasca Sarjana Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Prastito, Arif, 2005, Cara Mudah Mengatasi Masalah Statistik dan Rancangan Percobaan dengan SPSS 12, Jakarta : Elek Media Komputindo

Reina 2012, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Pada Universitas Bina Nusantara, Jurnal BINUS BUSINESS REVIEW Vol. 3 No. 1 Mei 2012: 563-572

Sarwono, Jonathan, 2006, Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS 13, Yogyakarta: Andi Offset

Schiffman, Leon G., dan Lesslie, Lazar Kanuk., 2010. Consumer Behavio . NewJersey : Prentice – Hall Inc.

Sri Hastuti dan Juddy Prabowo, 2011, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Mmahasiswa Baru Program S1 Dalam Memilih Jurusan Pada Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi” Jurnal Portofolio Vol. 8 No. 1 Mei 2011

Sriyanto, Agus 2017 Hubungan Antara Kinerja Dosen Dengan Kepuasan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam (Kpi) Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Surakarta Tahun 2017, LP2M IAIN Surakarta

Suliyanto. 2005. Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono Fandi, 1998. Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta Umar Demetrios

Vakratsas and Tim Ambler, "How Advertising Works: What Do We Really Know?" Journal of MarketingVol. 63, No. 1, 1999, pp. 26-43 DOI: 10.2307/1251999 URL: https://www.jstor.org/stable/1251999

Wahana Computer, 2017, Ragam Model Penelitian dan Pengolahannya dengan SPSS, Yogyakarta, Andi Offset

Wan Suryani dan Paham Ginting, (2013) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara Al Munawaroh Medan Jurnal MODERNISASI, Volume 9, Nomor 36 1, Februari 2013

Wijaya, David. 2008. Pemasaran Jasa Pendidikan. Tersedia Pada www.bpkpenabur.or.id/files/hal.42-56PemasaranPendidikan.pdf.


Article Statistic

Abstract view : 4 times

Dimensions Metrics

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM