MADRASAH ADIWIYATA SEBAGAI SALAH SATU UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER SADAR LINGKUNGAN (Perspektif fiqh bi’ah) | Masruroh | At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam

MADRASAH ADIWIYATA SEBAGAI SALAH SATU UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER SADAR LINGKUNGAN (Perspektif fiqh bi’ah)

Afifatul Masruroh(1*)
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.22515/attarbawi.v5i1.2133

Abstract

ABSTRAK

Dalam penelitian ini, menganalisis program madrasah adiwiyata sebagai salah satu upaya meningkatkan karakter sadar lingkungan siswa-siswi MTsN Gresik. Berbagai program adiwiyata telah dilaksanakan secara maksimal di MTsN Gresik dengan tujuan menumbuhkan karakter cinta dan ramah terhadap lingkungan. Melalui program ini menjadi salah satu upaya dalam memberikan Pendidikan lingkungan hidup kepada semua warga madrasah pada umumnya dan siswa-siswi khususnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk memperoleh informasi mengenai suatu kejadian. Metode ini lebih mengarah kepada subjek dan interpretatif. Oleh karena itu, peneliti mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan gabungan atau triangulasi kemudian diambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, dinyatakan bahwasanya program madrasah adiwiyata yang telah diterapkan sekitar 5tahun di MTsN Gresik telah membawa perubahan yang signifikan terhadap karakter siswa-siswi dalam pengelolaan lingkungan hidup. Namun, masih perlu adanya keteladanan dan pengawasan yang lebih dari pihak sekolah khususnya tim adiwiyata.

 

Kata Kunci : Madrasah, Adiwiyata, Karakter, Sadar Lingkungan

Article Statistic

Abstract view : 146 times
PDF views : 89 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.