ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA

Agus Yulianto -  SMK Wikarya Karanganyar, Indonesia
Iis Nuryati -  SMP IT Insan Kamil Karanganyar, Indonesia
Afrizal Mufti* -  IAIN Surakarta, Indonesia

 

 

ABSTRAK

            Pendidikan karakter merupakan aset terpenting dalam kehidupan manusia untuk membentuk karakter peserta didik.  Nilai-nilai karakter dalam karya sastra sebuah novel dapat digunakan untuk membentuk karakter peserta didik. Karena pendidikan saat ini lebih  cenderung pada ranah akademik atau kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan sosiologi sastra serta teknik analisis isi. Teknik analisis data dengan menginterpretasikan data, membaca keseluruhan data, menganalisis lebih detail, menerapkan proses koding untuk dideskripsikan, menyajikan kembali dalam narasi, dan menginterpretasikan atau memaknai data. Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel “Rumah Tanpa Jendela” karya Asmanadia yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yaitu religius, kerja keras, gemar membaca, bersahabat, dan tanggung jawab.

 

Keywords
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Novel, Sosiologi
  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Basrowi, S. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Endraswara, S. (2011). Metodologi Penelitian Zuriah Sosiologi Sastra. Yogyakarta: caps.
  4. Ferbriana, Noni., Thahar, H.E., E. (2014). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Rantau Satu Muara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Sosiologi Sastra. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, 2(3).
  5. Herlina, Herman J. Waluyo, N. (2013). Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asmanadia (Kajian Sosiologi Sastra, Resepsi Pembaca, dan Nilai Pendidikan). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 85–96.
  6. Mawardi, L. (2008). Evaluasi Nilai Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Nadia, A. (2017). Rumah Tanpa Jendela. Jakarta: Republika.
  8. Nurhayati, G. (2012). Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: Cakrawala Media.
  9. Nyoman Kutha, R. (2012). Teori Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Samani, Muchlas., H. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  11. Susanti, M. (2013). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Nazar-Nazar Jiwa Karya Budi Sulistyo En- Nafi ’. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 274–282.
  12. Wiyatmi. (2004). Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: FBS UNY.
  13. Yufarlina, Rosita. F., Achsani, F. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Novel Cinta 2 Kodi Karya Asma Nadia. Jurnal Alayasastra. Alayasastra, 14(1).
  14. Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: kencana Prenada Media Group.
  15. Zuriah, N. (2008). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-07-05
Published: 2020-08-09
Section: Articles
Article Statistics: 293 968