Important Notice

This is an archive system. You can read only in this site, for submission and publishing system please visit https://ejournal.uinsaid.ac.id/
PEMBINAAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEPAYA CRISPY DI MEDIA SOSIAL PADA MASA PANDEMI | Abdullah | Transformatif : Jurnal Pengabdian Masyarakat

PEMBINAAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEPAYA CRISPY DI MEDIA SOSIAL PADA MASA PANDEMI

Anisatul Maghfiroh Abdullah* -  IAIN Madura, Indonesia
Luthfatun Nisa -  IAIN Madura, Indonesia

DOI : 10.22515/tranformatif.v2i2.3860

Era digitalisasi ini sudah banyak kemudahan dalam pemasaran sebuah produk. Ketika masyarakat sudah memahami bagaimana caranya maka sangat bermanfaat bagi masyarakat. Pemasaran melalui sosial media whatsapp dan Instagram sangat mudah dari pada mendaftar di e-commerce seperti shoppe, tokopedia, lazada, dan lain-lain. Apalagi saat ini dalam masa pandemi, menjadikan masyarkat lebih hidup secara terbatas. Karena pemasaran melalui e-commerce tersebut butuh syarat tertentu lain halnya dengan Whatsapp dan Instagram. Dua media sosial tersebut hanya butuh kontak customer atau followers. Produk pepaya crispy sebelumnya dijual ditoko-toko kecil dan jangkauan konsumen lebih kecil, dan hanya dikenal oleh masyarakat yang hanya berdekatan dengan toko tersebut, akan tetapi dengan adanya pendampingan pelatihan pemasaran di media sosial seperti ini maka omset akan bertambah dan lebih ringan. Karena masyarakat di masa pandemi ini akan lebih beraktivitas secara terbatas. Pelatihan dan pendampingan branding dilakukan di rumah warga yang membuat hasil produksi, dari hasil pendampingan ini menunjukkan kemajuan dalam pemasarannya. Dalam meningkatkan omset penjualan melalui pemasaran di media sosial.

Keywords
Pelatihan, Pendampingan, Branding, Pemasaran Produk, Media Sosial
  1. Anang, F (2019). Pemasaran Produk dan Merek (planning & strategy) Bandung: Qiara Media Partner
  2. Balilatfo, Inovasi Pemasaran Produk Unggul Berbasis Ekonomi Digital Yogyakarta
  3. Erwan, S. (2020). Media, Komunikasi dan Informasi di Masa pandemi Covid-19 . Yogyakarta: Mbridge Press.
  4. Khoirul Ngibad, Nambi sembilu, khotmil Ula (2021) Pelatihan dan Pendampingan dalam Pemasaran Produk Sirup Markisa melalui Internet Marketing, diakses 22 juli 2021.
  5. Sutri Handayani, Abdul Ghafur, Dwi Nur Fadilah (2020) Pelatihan dan Pendampingan dalam Pengabdian dan Pendampingan emasaran Produk Hasil Home Made dengan Media Sosial didesa Deketagung Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. Diakses 22 juli 2021.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-07-23
Published: 2021-11-02
Section: Articles
Article Statistics: 32 1