SOSIALISASI DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM PRODUK PERTANIAN DI DESA PURWOREJO, SRAGEN

Ika Feni Setiyaningrum* -  UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
Sri Walyoto -  UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
Suryati Suryati -  UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
Zulfanita Dien Rizqiana -  UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

DOI : 10.22515/tranformatif.v2i2.3909

Hadirnya teknologi menjadi keharusan bagi pelaku UMKM saat ini untuk memanfaatkannya agar usaha yang dimiliki semakin berkembang. Keberadaan marketplace dan media sosial dapat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan penjualan dan promosi secara online. Akan tetapi, pada kenyataannya masih banyak pelaku UMKM yang belum memanfaatkan karena berbagai faktor, antara lain adalah kurangnya pemahaman masyarakat dalam mengoperasikan teknologi sebagai sarana berjualan maupun adanya ketakutan masyarakat akan adanya kasus penipuan. Masyarakat Desa Purworejo, Sragen termasuk salah satu pelaku UMKM yang memiliki usaha pertanian, berupa Beras “Utama” dan sambel “Mbok Tama”. Namun demikian, masyarakat di daerah tersebut juga belum memanfaatkan teknologi secara maksimal untuk menopang usaha yang mereka miliki. Oleh karena itu, kami memilih masyarakat di wilayah ini untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat yang bertajuk digitalisasi marketing untuk membekali pelaku UMKM agar dapat menjalankan usaha mereka lebih optimal.
Keywords
Digitalisasi Marketing, UMKM, Desa Purworejo
  1. Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran Dan Penjualan Produk Bagi Umkm Di Jawa Timur. Ekonomi Dan Bisnis, 1–10.
  2. Bachtiar, R. A. (2020). Potensi, Peran Pemerintah, dan Tantangan dalam Pengembangan E-Commerce di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 11(1).
  3. Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
  4. Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237–246. https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182
  5. Lubis, T. A. (2016). Pemanfaatan teknologi informasi pada usaha mikro kecil dan menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 3(3), 163–174. https://doi.org/10.22437/ppd.v3i3.3535
  6. Menengah, K. K. dan U. K. dan. Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI No 5 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Tahun 2020-2024. , (2020).
  7. Respatiningsih, H. (2019). Manajemen Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 48–65.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-08-07
Published: 2021-11-02
Section: Articles
Article Statistics: 115 5