Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar di MIM Pundungrejo Tahun Pelajaran 2019/2020

Umi Nur Afifah Rahmawati* -  BA Aisyiyah Pundungrejo, Indonesia

DOI : 10.22515/jenius.v1i1.3025

Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pada materi peduli terhadap makhluk hidup; 2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pada materi peduli terhadap makhluk hidup kelas IV di MI Muhammadiyah Pundungrejo Tawangsari Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai Juni 2020. Subjek penelitian ini guru mata pelajaran IPA di kelas IV, sedangkan untuk informan yaitu Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran lain dan sebagian siswa kelas IV. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data digunakan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknis analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat memberikan siswa kesempatan siswa seluas-luasnya untuk menggali informasi melalui penemuan dan pengalaman secara langsung, dan pembelajaran pun menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Terdapat tiga tahap dalam mempersiapkan pembelajaran melalui pemanfaatan lingkunagan, yaitu: tahap persiapan mengajar, tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap evaluasi. Faktor pendukung dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar diantaranya, lingkungan alam lebih kontekstual, siswa lebih antusias dan tertarik, dan siswa lebih mudah untuk menguasai materi pembelajaran. Faktor penghambatnya adalah cuaca yang berubah-ubah dan pengkondisian siswa.
  1. Darsono, M. A Sugandhi, Martensi, RK Sutadi & Nugroho. (2000). Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
  2. Fathurrohan, M., Sulistyorini. (2012). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
  3. Ikhsan, A., Sulaiman, S., & Ruslan, R. (2017). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di sd negeri 2 teunom aceh jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
  4. Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Biology Education, 1(1).
  5. Sudjana, N. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  6. Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ombak.
  7. Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-11-25
Published: 2020-12-31
Section: Articles
Article Statistics: 137 450