Hubungan Kecerdasan Intrapersonal dengan Minat Belajar Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Karanganyar

Vera Kumala Sari* -  IAIN Surakarta, Indonesia
Ari Wibowo -  IAIN Surakarta, Indonesia

DOI : 10.22515/jenius.v2i1.3647

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui: 1) Tingkat kecerdasan intrapersonal siswa kelas V; 2) Minat belajar matematika siswa kelas V; 3) Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan minat belajar matematika siswa kelas V dan mengetahui model regresi linier sederhana antara kedua variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi siswa kelas V MI se-Kabupaten Karanganyar berjumlah 290 siswa dengan jumlah sampel 148 siswa yang diambil menggunakan teknik sampling area, namun hanya 148 data yang dianalisis. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan intrapersonal siswa kelas V berada pada kategori sedang sebesar 54,70%; (2) Minat belajar matematika siswa kelas V berada dalam kategori sedang sebesar 51,40%; (3) Terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan intrapersonal dengan minat belajar siswa kelas V dengan nilai  0,870 >  0,159,  Model regresi linier sederhananya adalah  = 22,978 + 0,851X. Model tersebut mengandung makna bahwa disetiap penambahan 1 satuan kecerdasan intrapersonal akan mampu meningkatkan minat belajar matematika siswa sebesar 0,851 satuan, sehingga dapat disimpulkan, semakin tinggi kecerdasan intrapersonal pesert didik, maka semakin meningkat pula minat belajarnya.

Keywords
Kecerdasan Intrapersonal, Minat Belajar Matematika
  1. Adawiyah, S. S. R., & Fahri, M. (2017). Hubungan penggunaan media pembelajaran dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MI al madani tajur Halang kab. Bogor. Attadib: Journal of Elementary Education, 1(2), 63-77. doi: 10.32507/attadib.v1i2.23.
  2. Ainley, M., Hillman, K., & Hidi, S. (2002). Gender and interest processes in response to literary texts: Situational and individual interest. Learning and Instruction, 12(4), 411-428. doi: 10.1016/S0959-4752(01)00008-1.
  3. Amir, A. (2013). Pembelajaran matematika dengan menggunakan kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 1(01), 1-14. doi: 10.24952/logaritma.v1i01.196.
  4. Fryer, L. K. (2015). Predicting self-concept, interest and achievement for first-year students: The seeds of lifelong learning. Learning and Individual Differences, 38, 107-114. doi: 10.1016/j.lindif.2015.01.007.
  5. Gardner, H. (2003). Multiple Intelligences: Kecerdasan majemuk teori dalam praktek. Batam: Interaksara.
  6. Himmah, I. F. (2012). Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP negeri 2 Taman. (Doctoral dissertation), UIN Sunan Ampel Surabaya.
  7. Jannah, R. (2018). Hubungan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar matematika siswa kelas v di sd negeri Lamreung Aceh Besar. (Doctoral dissertation). Retrieved from https://etd.unsyiah.ac.id/baca/index.php?id=47041&page=1
  8. Malini, H., Sofiyan., Pura, A. 2019. Analisis faktor yang mempengaruhi kurangnya minat belajar matematika siswa kelas V SD negeri 10 Langsa tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal of Basic Education studies, 2 (2), 10-22.
  9. Rochman, N. A. (2019). Hubungan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran pai: Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMP triyasa kota Bandung. (Doctoral dissertation), UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  10. Rufaidah, A. (2015). Pengaruh intelegensi dan minat siswa terhadap putusan pemilihan jurusan. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 139-146. doi: 10.30998/fjik.v2i2.379.
  11. Sardiman. 2012. interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
  12. Setiawan, M Andi. 2017. belajar dan pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
  13. Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67.
  14. Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14-19. doi: 10.24114/esjpgsd.v1i2.1323.
  15. Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35-43. doi: 10.30998/formatif.v6i1.750.
  16. Wahyudi, D. (2011). Pembelajaran ips berbasis kecerdasan intrapersonal interpersonal dan eksistensial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Edisi Khusus,1, 33-45.
  17. Wajdi, M., Azis, A. A., & Ngitung, R. (2020). Hubungan kecerdasan naturalistik, kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA negeri di kota Makassar. UNM Journal of Biological Education, 2(1), 13-19.
  18. Wasti, S. (2013). Hubungan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran tata busana di madrasah aliyah negeri 2 Padang. Journal of Home Economics and Tourism, 2(1).
  19. Wibowo, A. (2020). The use of online mathematics game for portfolio assessment of elementary school students. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 50-64. doi: 10.33654/math.v6i1.909.
  20. Widiyawati, R. (2013). Hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP negeri 10 Malang semester genap tahun ajaran 2012/2013. SKRIPSI Jurusan Matematika-Fakultas MIPA UM.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-05-21
Published: 2021-06-23
Section: Articles
Article Statistics: 113 53