Important Notice

This is an archive system. You can read only in this site, for submission and publishing system please visit https://ejournal.uinsaid.ac.id/
Hubungan Intensitas Menonton Televisi dengan Minat Baca Siswa (Kajian di Masa Pandemi Covid-19) | Salimah | JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues)

Hubungan Intensitas Menonton Televisi dengan Minat Baca Siswa (Kajian di Masa Pandemi Covid-19)

Nurul Hati Salimah* - 
Ilzamha Hadijah Rusdan - 

DOI : 10.22515/jenius.v2i2.4101

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana intensitasmenonton televisi dan minat baca siswa di masa pandemi COVID-19 sertaapakah terdapat hubungan antara intensitas menonton televisi dengan minatbaca siswa di masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan yaitukuantitatif korelasional. Penelitian ini dilakukan di MI Al Manar Sambirejomulai dari Desember 2020-Mei 2021. Populasi dalam penelitian ini yaituseluruh siswa kelas V MI Al Manar Sambirejo sebanyak 46 siswa dengan sampel42 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak sederhana.Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket dan dokumentasi. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa 1) Intensitas menonton televisi siswa kelas V dimasa pandemi COVID-19 dalam kategori durasi tinggi yaitu antara 3-4 jam/hari2) Minat baca siswa kelas V di masa pandemi COVID-19 dalam kategori sedangyaitu mayoritas siswa jarang menggunakan waktu luang untuk membaca buku3) Berdasarkan uji korelasi product moment diperoleh nilai signifikansi sebesar0,000 < 0,05 dan nilai r hitung -0,705 > r tabel 0,304 artinya h0 ditolak dan h1diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif antaraintensitas menonton televisi dengan minat baca siswa kelas V pada masaPandemi COVID-19 di MI Al Manar Sambirejo Tahun 2020/2021. Hubungannegatif menunjukkan semakin tinggi intensitas menonton TV maka semakinrendah minat baca
Keywords
Intensitas Menonton TV, Masa Pandemi COVID-19, Minat Baca
  1. Agustina, D. (2016). Pengaruh intensitas menonton televisi terhadap kedisiplinan anak dalam membagi waktu belajar di min 2 model samarinda. Ilmu Komunikasi, 4(3), 305-319
  2. Ama, R. G. T. (2020). Membangun minat baca pada siswa sekolah dasar. Purwokerto: CV. Pena Persada.
  3. Asniar, La Ode Muharam, D. P. S. (2020). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat baca siswa. Jurnal Bening, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.36709/bening.v4i1.10484
  4. Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Lampuhyang, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194
  5. Azmi, N. (2014). Dampak media televisi terhadap prilaku sosial anak. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 3(2), 11-28. http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v3i2
  6. Bangsawan, I. P. R. (2018). Minat baca siswa. Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin
  7. Briandana, R. (2019). Television and national identity: An ethnography of television audience in the border of indonesia-malaysia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 23(1), 72-85..
  8. Burhan, dkk. (2015). Statistik terapan untuk penelitian ilmu sosial (teori & praktik dengan ibm spss statistic 21). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  9. Chhachhar, A. R., Hassan, S., Haq, I., & Omar, S. Z. (2012). Television viewing habits among farmers in pakistan. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(11), 11004–11008.
  10. Dalman. (2013). Keterampilan membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  11. Fahmy, Z., Utomo, A. P. Y., Nugroho, Y. E., Maharani, A. T., Liana, N. I., Alfatimi, N. A., ... & Kesuma, R. G. (2021). Dampak pandemi covid-19 terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 121-126. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i2.48469
  12. Hardianto, D. (2011). Studi tentang minat baca mahasiswa fakultas ilmu pendidikan UNY. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/3218
  13. Hardi. (2014). Statistika untuk penelitian pendidikan. Sukoharjo: FATABA Press.
  14. Jati, A. P. (2017). Pengaruh intensitas menonton televisi dan penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 sd se-gugus ki hajar dewantara kecamatan ngluwar magelang. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta
  15. Khurya, K. R., & Prayoga, D. (2021). Kelelahan mata selama pandemi covid-19: Literature review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(4), 515-524. https://doi.org/10.32583/pskm.v11i4.1648
  16. Low, G. and A. S. S. (2009). An Analysis of reading profile of generation-x in singapore. Asia-Pacific Conference on Library & Information Education & Practice, 200–210.
  17. Majid, S., & Tan, V. (2007). Understanding the reading habits of children in singapore. Journal of Educational Media & Library Sciences, 2(45), 187–198.
  18. Mariskhana, K. (2017). Pengaruh televisi dan gadget terhadap prestasi belajar anak. Jurnal Perspektif, 15(2), 129-135
  19. Muzdhalifah, M., Majdi, M., & Rahimah, R. (2021). Manfaat media televisi sebagai sarana perkembangan kognitif anak usia dini. WANIAMBEY: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 21-37. https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i1.54
  20. Prasetyo, A. E. C. (2012). Pengaruh bimbingan belajar orang tua dan intensitas menonton televisi terhadap prestasi belajar siswa kelas rendah di SDN Kalipang 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar/Ardhianti Endah Catur P (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). http://repository.um.ac.id/id/eprint/104513
  21. Putro, Sutanto Trijuni, dkk. 2020. Problematika pembelajaran di era pandemi covid-19 studi kasus: Indonesia, filipina, nigeria, ethipoia, finlandia, dan jerman. Jurnal Pendidikan Geografi, 18(2), 118-131. https://doi.org/10.21831/gm.v18i2.36058
  22. Setiawan, M. A., Sari, N. P., & Arisanty, D. (2020). Intensitas interaksi parasosiai mahasiswa menonton drama korea selama tinggal di rumah pada masa pandemi. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18755
  23. Setiyanto, D. A., Ulfa, N. S., Herieningsih, S. W., & Pradekso, T. (2015). Pengaruh intensitas menonton televisi dan pendampingan orangtua dalam menonton televisi terhadap kedisiplinan belajar. Interaksi Online, 3(3). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/8925
  24. Siregar, J. R. (2017). Perkembangan dan pengasuhan anak hingga remaja: Untaian mutiara. Bandung: PT Alumni.
  25. Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
  26. Sumira, D. Z., Deasyanti, D., & Herawati, T. (2018). Pengaruh metode scramble dan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Indonesian journal of primary education, 2(1), 62-71. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11673
  27. Syarah, M. M., & Komariah, K. (2018). Pencegahan pengaruh negatif siaran televisi terhadap anak-anak. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 434-445. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4058
  28. Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-10-12
Published: 2021-12-29
Section: Articles
Article Statistics: 34 20