Important Notice

This is an archive system. You can read only in this site, for submission and publishing system please visit https://ejournal.uinsaid.ac.id/
Analisis Manajemen Kepala Madrasah dalam Rangka Mewujudkan Visi dan Misi di Madrasah Ibtidaiyah | Widyasari | JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues)

Analisis Manajemen Kepala Madrasah dalam Rangka Mewujudkan Visi dan Misi di Madrasah Ibtidaiyah

Fitri Widyasari* -  IAIN Surakarta
Kustiarini Kustiarini - 

DOI : 10.22515/jenius.v2i2.4147

Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan manajemen kepala madrasah dalam rangka mewujudkan visi misi, serta faktor yang mempengaruhi manajemen sekolah di MIM PK Blimbing. Penelitian ini termasuk jenis fenomenologi dengan subjek penelitian kepala sekolah MI. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen sekolah dilakukan melalui 3 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Visi sekolah dapat terwujud apabila misi sekolah dapat dilaksanakan secara optimal. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen madrasah untuk mengoptimalkan misi sekolah dilakukan melalui program berjangka, pelaksanaan aturan kedisiplinan, dan pemberian reward kepada guru & murid yang berprestasi. Faktor pendukung manajemen kepala madrasah adalah adanya tenaga pendidik yang mumpuni di bidangnya, lingkungan madrasah dekat dengan masyarakat, hubungan madrasah dengan masyarakat terjalin dengan erat, dan potensi akademik siswa. Faktor penghambatnya adalah sarana prasarana yang terbatas.
Keywords
Manajemen Sekolah; Kepala Sekolah; Visi Misi
Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-10-19
Published: 2021-12-29
Section: Articles
Article Statistics: 24 35