Important Notice

This is an archive system. You can read only in this site, for submission and publishing system please visit https://ejournal.uinsaid.ac.id/
Penerapan Media Audio Visual Berbasis Whatsapp pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MI | Qoirunnisa | JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues)

Penerapan Media Audio Visual Berbasis Whatsapp pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MI

Aprilia Muhammad Qoirunnisa* -  IAIN Surakarta

DOI : 10.22515/jenius.v2i2.4148

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan media audio visual berbasis aplikasi whatsapp pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa MI sebagai salah satu alternatif media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I C. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa kelas I, dan wali murid. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data dengan analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan media audio visual berbasis aplikasi whatsapp pada mata pelajaran bahasa Arab untuk siswa MI dapat mengoptimalisasi dan membantu belajar bahasa Arab siswa secara daring dan cocok untuk dijadikan alternatif pembelajaran dan tidak terlepas dari kerjasama antar guru, siswa, dan wali murid.
  1. Alfaini, S., Nurilngin, S., Kunci, K., Daring, P., Group, W., Arab, B., & Hambatan, S. (2021). Problematika dan Solusi Pembelajaran Daring Bahasa Arab via WhatsApp Group. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 133–147. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4242
  2. Ardyanto, S. (2018). Peningkatan Teknik Servis Pendek Pada Bulutangkis Melalui Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah PENJAS, 4(3), 21–32. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/723
  3. Astuti, W. (2016). Berbagai Strategi Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 5(2), 177–191. https://doi.org/10.36668/jal.v5i2.38
  4. Barhoumi, C. (2020). The Effectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guided by Activty Theory on Students’ Knowldege Management. Contemporary Educational Technology, 6(3), 221–238. https://doi.org/10.30935/cedtech/6151
  5. Dewi, N. P., & Laelasari, I. (2020). Penerapan Pembelajaran Ipa Daring Berbasis Whatsapp Group Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyyah Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian, 14(2), 249–268. https://doi.org/10.21043/jp.v14i2
  6. Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
  7. Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576
  8. Gon, S., & Rawekar, A. (2017). Effectivity of E-Learning through Whatsapp as a Teaching Learning Tool. MVP Journal of Medical Sciences, 4(1), 19–25. https://doi.org/10.18311/mvpjms/0/v0/i0/8454
  9. Herliandry, L. D., Enjelina Suban, M., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286
  10. Hidayat, N. S. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 40–58. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.290
  11. Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 1(2), 139–152. https://doi.org/10.29240/jba.v1i2.286
  12. Karlina, N., & Setiyadi, R. (2019). The Use of Audio-Visual Learning Media in Improving Student Concentration in Energy Materials. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 3(1), 17–26. https://doi.org/10.22460/pej.v3i1.1229
  13. Khusaini, Suyudi, A., Winarto, & Sugiyanto. (2017). Optimalisasi Penggunaan WhatsApp dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan Fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v4i1.6462
  14. Napratilora, M., Lisa, H., & Bangsawan, I. (2020). Using WhatsApp as a Learning Media in Teaching Reading. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 116–125. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.129
  15. Pranajaya, H., & Wicaksono. (2018). Pemanfaat Aplikasi Whatsapp di Kalangan Pelajar: Studi Kasus di Mts Al Muddatsiriyah dan Mts Jakarta Pusat. Jurnal Orbith, 14(1), 59–67. http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v14i1.1155
  16. Rahartri. (2019). “Whatsapp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek). Visi Pustaka, 21(2), 147–156. https://doi.org/10.37014/visipustaka.v21i2.552
  17. Rohmawati, E. D., & Sukanti. (2012). Pengaruh Cara Belajar Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 153–171. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.918
  18. Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81–86. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204
  19. Utomo, S. W., & Ubaidillah, M. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional Di Universitas PGRI Madiun. Jurnal Teknologi Pendidikan, 06(02), 203–204. http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p199--211
  20. Widaryanto, & Sulfemi, W. B. (2016). Korelasi Penguasaan Tik Guru Dengan Correlation Of Teacher ’ S Master Control With Ict Ability Of Students. Jurnal Ilmiah Edutecno, 14(1), 1–8. https://doi.org/10.5281/zenodo.3005106
  21. Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i2.11410
  22. Zhu, H., Luo, M. Di, Wang, R., Zheng, A. H., & He, R. (2021). Deep Audio-visual Learning: A Survey. International Journal of Automation and Computing, 18(3), 351–376. https://doi.org/10.1007/s11633-021-1293-0

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-10-19
Published: 2021-12-29
Section: Articles
Article Statistics: 14 21