Important Notice

This is an archive system. You can read only in this site, for submission and publishing system please visit https://ejournal.uinsaid.ac.id/
Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Kelas Literasi di Sekolah Dasar Islam | Munawaroh | JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues)

Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Kelas Literasi di Sekolah Dasar Islam

Munawaroh Munawaroh* -  Munawaroh Student of Nurul Huda University, Indonesia

DOI : 10.22515/jenius.v2i2.4438

Dalam studi ini mengkaji bagaimana pelaksanaan kelas literasi dalam meningkatkan kemampuan baca siswa di SDITA Al-Azhar Kediri. Keterampilan membaca sangat diperlukan bagi siswa untuk mengakses dan mengolah informasi, meningkatkan kecerdasan, dan memperdalam pengetahuan. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya optimalisasi literasi kepada siswa. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru sebagai informan. Metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan upaya dalam meningkatkan minat baca siswa adalah melalui proses pelaksanaan kelas literasi disekolah, yang meliputi kebijakan, perencanaan, implementasi dan evaluasi. Upaya meningkatkan kelas literasi dioptimalkan setiap hari jum’at selama 30 menit membaca buku non pelajaran, dan menyediakan keberagaman buku di pojok kelas, serta sebelum pembelajaran dimulai, siswa membaca literatur selama 15 menit. Guru akan mengecek kartu literasi kemudian sebagian siswa akan menceritakan kembali atau mempresentasikan buku yang telah dibaca kepada teman-temannya.

Supplement Files

Keywords
Kelas Literasi; Literasi Dasar; Minat Baca
  1. Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Akbar, A. (2017). Membudayakan literasi dengan program 6M di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42-52. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i1
  3. Badan Standar, Kurikulum dan Assesmen Pendidikan (LITBANG). (2021). Kemeterian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi. https://litbang.kemdikbud.go.id/pisa
  4. Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi program gerakan literasi sekolah di sekolah dasar negeri gugus sungai miai banjarmasin. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 15-29. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965
  5. Dani, G. R. (2021). Hubungan minat baca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Joyful Learning Journal, 10(1), 42-56. https://doi.org/10.15294/jlj.v10i1.42943
  6. Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 54-60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
  7. Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
  8. Habibah, M. (2019). Pengembangan budaya literasi agama di SMA negeri 2 kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 203-215. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.1110
  9. Kusumaningrum, D. (2018). Literasi lingkungan dalam kurikulum 2013 dan pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(2), 57-64. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255
  10. Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2019). Analisa faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123-132. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229
  11. Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan literasi sekolah berbasis pembelajaran multiliterasi sebuah paradigma pendidikan abad ke-21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 216-231. DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862
  12. Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus literasi abad 21 di indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7(1), 107-126. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1
  13. OECD. (2018). PISA 2018. Assessment and analytical framework: Science, reading, mathematic, financial literacy and collaborative problem solving. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
  14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Penumbuhan Budi Pekerti. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_23_15.pdf
  15. Praptanti, I., & Ernawati, A. (2019, December). Evaluasi pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) pada sekolah menengah atas negeri dan swasta di wilayah purwokerto kota. In Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP (pp. 289-296). https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/50
  16. Pusat asesmen dan pembelajaran (PUSPENDIK). (2021). 3 Aspek penilaian nasional. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. https://puspendik.kemdikbud.go.id/konten/penjelasan-mendikbud-terkait-3-aspek-asesmen-nasional-pengganti-un-2021
  17. Rahayu, R., Bahry, R., & Ramli, R. (2021). Korelasi antara minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman mahasiswa pbsi fkip universitas syiah kuala. Master Bahasa, 9(1), 506-512. DOI: https://doi.org/10.24173/mb.v9i1.22168
  18. Rahayu, T. (2016). Penumbuhan budi pekerti melalui gerakan literasi sekolah. Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1. http://hdl.handle.net/11617/7644
  19. Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud. (2019). Desain induk gerakan literasi sekolah. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  20. Setiyadi, D. B. P. (2018). E-literary texts: Reading materials for school literacy movement. KnE Social Sciences, 538-545. https://www.knepublishing.com/index.php/Kne-Social/article/view/2716
  21. Setyowati, R. T. (2017). Hubungan minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman. Joyful Learning Journal, 6(2), 78-82. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i2.15764
  22. Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116-123. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p116
  23. Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9. https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/217

Full Text: Supp. File(s):
Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Kelas Literasi DiSDIT Al-Azhar Kediri
Subject Kelas literasi, Minat baca.
Type Research Instrument
  Download (217KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2021-12-07
Published: 2022-01-24
Section: Articles
Article Statistics: 7 9